Pj. Kasdim 0506/Tgr Irup Upacara Upacara Hari Kebangkitan Nasional TA. 2024

Berita58 Dilihat

Beritamiliter.com–Kodam Jaya, Tangerang – Pj. Kasdim 0506/Tgr Letkol Arm Udin Rasidi  bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Upacara Hari Kebangkitan Nasional TA. 2024 dilaksanakan di Lapangan Makodim 0506/Tgr Jl. TMP. Taruna No 1 Kel. Sukasari Kec. Tangerang Kota Tangerang, Senin (20/05)2025).

Tampak hadir, Pj. Kasdim 0506/Tgr Letkol Arm Udin Rasidi, Para Pasi Kodim 0506/Tgr, Para Danramil Sejajaran Kodim 0506/Tgr, Militer dan PNS Kodim 0506/Tgr.

Dalam upacara itu, Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dibacakan langsung oleh Pj. Kasdim 0506/Tgr Letkol Arm Udin Rasidi, bahwa, di hari-hari ini kita dihadapkan pada kemajuan teknologi yang cepat.

Momen krusial dalam mewujudkannya akan datang selama dua dekade ke depan. Pada 20 Mei 1908, lahir Boedi Oetomo, organisasi yang menumbuhkan bibit kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan.

Banyak yang berharap pada organisasi ini sebagai engine penggerak gerakan kemerdekaan di Hindia Belanda. Boedi Oetomo adalah awal mula tempat belajar dan berdebat tentang pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda dan penyebaran pendidikan untuk semua lapisan masyarakat tanpa memandang priyayi atau bukan.

Cerita dimulai dengan Kartini, perempuan Jepara, yang memulai gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan melalui tulisannya. Cita-cita ini kemudian berlanjut hingga proklamasi kemerdekaan.

Kartini adalah pembaharu dalam menggagas imajinasi tentang tatanan masyarakat yang merdeka dan cita-cita baru untuk bangsa Indonesia. Ia memberi inspirasi pada kaum muda untuk menjadi pergerakan kebangkitan nasional.

Boedi Oetomo, Kartini, dan embrio bangsa menjadi jembatan emas yang dirumuskan oleh Bung Karno. Kemerdekaan merupakan “jembatan emas” untuk kehidupan sejahtera bangsa Indonesia.

Kita saat ini mengalami fase kebangkitan kedua yang meneruskan semangat kebangkitan pertama oleh para pendiri bangsa. Perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini dihadapi dengan tantangan dan peluang baru akibat kemajuan teknologi yang telah menjadi bagian dari peradaban kita saat ini.

Reward demografi menunjukkan bahwa 60% penduduk Indonesia akan menjadi tenaga usia produktif dalam beberapa dekade mendatang. Mereka siap untuk mengembangkan inovasi baru dan berkontribusi pada kemajuan teknologi serta pertumbuhan ekonomi.

Potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan transformasi digital kita merupakan modal dasar untuk menuju cita-cita ‘Indonesia Emas 2045’. Mari kita rayakan kebangkitan Nasional kedua menuju Indonesia Emas!

Sumber Kodim 0506/Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *