Juli 24, 2024

Beritamiliter.com—Halesveva Jayamahe, Jakarta, 11 Agustus 2023,—Menjelang HUT Kemerdekaan RI Ke-78 TNI Angkatan Laut menggelar lomba olah raga air 2023 Renang Laut Selat Kelagian, Kamis (10/08). Kompetisi ini diikuti oleh 381 peserta atlet renang muda dari seluruh Indonesia dengan berbagai nomor yang dilombakan.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi A.S., yang hadir dan membuka kompetisi tersebut bahwa, kegiatan ini digelar bertujuan mencari bibit atlet olah raga renang yang nantinya dapat menorehkan prestasi bagi bangsa dan negara.

Berbagai perlombaan diadakan pada acara ini yaitu Renang Open Water Swimming (OWS) 10 Km putra dan putri, Renang Fins Swiming 6 Km kategori TNI/Polri dan umum, Renang OWS 1500 M putra dan putri, Renang Umum 500 M putra, Stand Up Padle Open putra dan putri serta Sepak Bola Pantai Putra.

“Kompetisi ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan tentunya bekerjasama dengan stakeholder yang ada termasuk pemerintah daerah. Antusias Masyarakat sangat tinggi, dan bagi para juara tentunya akan dibina TNI AL, bahkan jika memenuhi syarat tidak menutup kemungkinan akan diproyeksikan menjadi prajurit TNI AL”, ungkap Laksma TNI Dr. Suradi.

Dalam kompetisi ini sejumlah atlet tanah air berhasil menorehkan prestasi membanggakan, pada nomor 1.500 meter Open Water Swimming usia dibawah 14 tahun Putra, atlet Razka Putra Diandra dari Lampung berhasil mencatatkan waktu tercepat. Sedangkan pada nomor yang sama di kelas Putri perolehan waktu tercepat diraih oleh Erry Widya Ningurum dari Jakarta.

Pada nomor lomba 10 Km OWS usia diatas 14 tahun di kelas Putra dimenangka oleh Aflah Fadlan Prawira dari Bandung. Sedangkan pada nomor yang sama di kelas Putri dimenangkan oleh Adinda Larasati Dewi Kirana dari Jawa Timur. Untuk nomor 6 Km Finswimming kelas Putra catatan waktu terbaik diraih oleh M. Kemal Maulana dari Bandung dan pada kelas Putri diraih oleh Amira Kayana Putri dari Lampung.

Sedangkan pada 6 Km Finswimming Putra untuk kategori TNI-POLRI, catatan waktu tercepat ditorehkan oleh Sheva Bima dari Pusat Hidrografi Angkatan Laut dan untuk peraih catatan waktu tercepat Putri diraih Ressa Kania Dewi dari Pussenarmed AD. Selain itu juga perenang dari Lampung atas Nama Eto O Arsitiko Lody Ismail menjadi perenang tercepat pada nomor 500 meter Open Water Swimming kelas terbuka.

Selain olahraga renang laut, TNI AL dengan PSSI bersama mengembangkan cabang olahraga baru yaitu sepakbola pantai, dimana Kadispotmaral ditunjuk sebagai pembina tingkat nasional pada cabang olahraga ini. Pertandingan yang diikuti 8 tim sepak bola pantai yang berada di wilayah Lampung, berlangsung dari tgl 8- 9 Agustus 2023 di Merines Eco Park Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Lampung didapat hasil pertandingan yaitu sebagai Juara 1 dari TS Saiburai, Juara 2 dari PS Marinir Brigif 4 Mar/BS dan Juara 3 dari PS Polda Metro Lampung.

Dipilihnya Provinsi Lampung sebagai lokasi perlombaan bukan tanpa alasan, mengingat wilayah ini merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki 132 pulau besar dan kecil, serta memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung, maka dipandang tepat kalau Kompetisi Olahraga Air Renang Laut Selat Kelagian digelar.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang telah ditorehkan oleh para atlet. “Kerja keras dan pengorbanan yang telah diberikan oleh para atlet akan terbayar menjadi sebuah kebanggaan dengan pencapaian prestasi yang membawa nama harum bangsa dan negara maupun satuannya”, tandas Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *