Bilateral Meeting TNI AL dan AL Filipina, Bahas Peningkatan Kerjasama di Kawasan

Berita305 Dilihat

Beritamiliter.com—Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 8 Agustus 2023,— Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima kunjungan kehormatan dari Kepala Staf Angkatan Laut Filipina Vice Admiral Toribio Adaci Jr., bersama sejumlah delegasi dari Angkatan Laut Filipina di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (08/08).

Dalam bilateral meeting tersebut dibicarakan sejumlah kerjasama bidang pertahanan laut mulai dari keikutsertaan masing-masing negara pada penyelenggaraan event internasional, latihan, pendidikan, pertukaran informasi hingga kerjasama lainnya yang menitikberatkan dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

Pada pertemuan ini Vice Admiral Toribio Adaci menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari TNI AL, dan menegaskan bahwa kerjasama Angkatan Laut kedua negara antara Indonesia dan Filipina dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keamanan dan stabilitas di kawasan.

Senada dengan itu, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa dedikasi dan keterlibatan aktif AL Filipina telah memainkan peran penting dalam membina keamanan dan kerja sama regional. Lebih lanjut juga Kasal menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif AL Filipina pada sejumlah event internasional yang digelar oleh TNI AL.

“Sejumlah kerja sama tentu akan terus dilaksanakan mulai dari latihan bersama, pendidikan, pelatihan hingga pertemuan tingkat tinggi guna memperkuat komitmen bersama kedua Angkatan Laut untuk menjamin stabilitas regional”, ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali.

Selain mengunjungi Mabesal Cilangkap, dalam lawatannya di Indonesia, Kepala Staf Angkatan Laut Filipina juga dijadwalkan untuk mengunjungi Bhumi Marinir Cilandak Jakarta, Koarmada II Surabaya, serta melaksanakan First Steel Cutting Ceremony kapal perang pesanan AL Filipina yang diproduksi oleh Industri Pertahanan Indonesia PT. PAL Surabaya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *