DANKORMAR PIMPIN UPACARA SERTIJAB DANLANMAR SORONG DAN PENYERAHAN JABATAN DANDENJAKA 

Berita182 Dilihat

Beritamiliter.com—Dispen kormar TNI Angkatan Laut (Jakarta). Dalam suasana penuh khidmat, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han),  memimpin upacara penyerahan Jabatan Detasemen Jala Mangkara (Dandenjaka) dan serah terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Marinir (Danlanmar) Sorong di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (28/07/2023).

Dalam upacara penyerahan jabatan tersebut, tongkat Komando jabatan Dandenjaka  diserahkan oleh Pejabat lama Kolonel Marinir Samson Sitohang, SIP., M.M., kepada Komandan Korps Marinir yang selanjutnya Kolonel Marinir Samson Sitohang, SIP., M.M menjabat sebagai Dankodikmar di Surabaya , sedangkan jabatan Danlanmar Sorong diserah terimakan dari Kolonel Marinir Anom Widjaja, M.M., kepada Kolonel Marinir Teguh Santoso. Kolonel Marinir Anom Widjaja, M.M  selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Sahli A Bidang Operasi Kormar, sedangkan Kolonel Marinir Teguh Santoso sebelumnya manjabat sebagai Sahli C Bidang Jemen Kormar

Dalam Upacara Penyerahan dan serah terima jabatan, Dankormar dalam amanatnya menyampaikan, bahwa dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks dan dinamis. Korps Marinir sebagai bagian integral dari TNI Angkatan Laut,  sekaligus bagian integral dari S.S.A.T,  memiliki peran vital untuk menyelenggarakan Operasi Amfibi, operasi pertahanan pantai, dan operasi pengamanan Pulau terluar strategis. Oleh sebab itu Korps Marinir dituntut untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan, tingkat kesiapsiagaan operasional yang tinggi, guna mendukung proyeksi kekuatan TNI Angkatan Laut,  baik dalam operasi militer perang maupun operasi militer selain perang sejalan dengan tuntutan tersebut, Visi pembangunan Korps Marinir, diarahkan untuk mewujudkan kekuatan Korps Marinir yang profesional, modern, dan tangguh. sebagai komando pelaksana Korps Marinir pangkalan Marinir Sorong dan Detasemen jalamangkara berperan sangat vital dalam mewujudkan visi tersebut. “Ucap Dankormar”.

Lebih lanjut, Dankormar juga menjelaskan bahwa, Pangkalan Marinir Sorong merupakan komando pelaksana Korps Marinir, yang bertugas menyelenggarakan fungsi dukungan pangkalan, yang meliputi pengamanan, perawatan personel,  penyiapan sarana prasarana konstruksi, perbekalan, angkutan, dan pemeliharaan, serta perbaikan material, sedangkan Detasemen Jala Mangkara sebagai salah satu komando pelaksana Korps Marinir, merupakan satuan anti teror yang ber aspek laut, dalam sejarah perkembangannya selalu menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam membina kekuatan dan kemampuan satuan Denjaka guna melaksanakan operasi anti teror, anti sabotase, dan operasi Klandestin yang beraspek laut, maupun operasi-operasi khusus lainnya, sesuai kebijakan Panglima TNI. Tambahnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Dankormar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Kolonel Marinir Anom Widjaja, M.M., serta Kolonel Marinir Samson Sitohang, SIP., atas nama pribadi dan seluluruh jajaran Korps Marinir, telah mengemban jabatan sebagai Komandan Lanmar Sorong dan Komandan Detasemen Jala Mangkara , dimana Kolonel telah memberikan Kontribusi Positif yang sangat bermanfaat bagi satuan dan Korps Marinir secara menyeluruh, semoga segala pengalaman yang diperoleh, dapat menjadi bekal berharga dalam melaksanakan tugas selanjutnya, selanjutnya kepada Kolonel Marinir Teguh Santoso, saya mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan Koprs Marinir sebagai Komandan Lanmar Sorong yang baru. “Ucapnya”

Turut hadir pada acara tersebut Komandan Pasmar – 1, Brigjen TNI Mar Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr. Opsla., M.Han., Ir Kormar Brigjen TNI Mar Cecep Ruhiyat, para Asisten dan Kadis Kormar serta pejabat utama di jajaran Korps Marinir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *