Juli 21, 2024

Beritamiliter.com—Dispen Kormar, TNI AngkatanLaut (Surabaya). Wakil Komandan (Wadan) Korps Marinir (Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan mengikuti apel gelar kesiapan Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun 2023 mengikuti apel gelar kesiapan, di Dermaga Madura Komando Armada (Koarmada) II Ujung, Surabaya. Kamis (27/07/2023).

Apel gelar Latgab TNI dipimpin langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr (Han). Juga diikuti Dankodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiyono, M.A., Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., Pangkolinlamil Laksda TNI Edwin, dan para pejabat TNI lainnya.

Dalam apel gelar tersebut, Pangkogabwilhan II dan Dankodiklat TNI beserta para pejabat TNI lainnya melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan Alutsista dan prajurit yang terlibat dari tiga matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU, yang dibagi menjadi beberapa Komando Tugas (Kogas) diantaranya Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin, Kogaslinud, Kogasratgab dan Satgasduk Passus.

Pada tahap manuver lapangan, para prajurit serta unsur TNI AL akan melaksanakan tahap laut mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 1 Agustus 2023 di Perairan Laut Jawa dan Perairan Asembagus Situbondo. Selanjutnya pada tanggal 1 Agustus 2023 Pasukan Pendarat (Pasrat) dari prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL akan melaksanakan pendaratan amfibi di Pantai Banongan Jawa Timur.

“Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kesiapan tempur sekaligus sebagai bentuk interoperabilitas dan sinergitas antara satuan-satuan TNI dalam rangka menghadapi ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI serta merupakan momen penting dalam pengembangan instrumen di lapangan”, kata Pangkogabwilhan II

Lebih lanjut dikatakan bahwa latihan gabungan Kali ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengaplikasikan doktrin, taktik dan teknik operasi dalam manuver nyata di lapangan. Latihan ini memiliki makna yang penting dalam mendukung tugas pokok TNI. Pada saat pelaksanaan manuver lapangan dibutuhkan kesiapan serta perencanaan yang detail lengkap dan terinci dengan didukung kemampuan dan keterampilan prajurit yang handal sehingga nantinya manuver lapangan dapat terlaksana dengan baik aman dan lancar.

“Untuk meningkatkan semangat dan motivasi dalam pelaksanaan manuver lapangan yang akan datang Saya ingin menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh peserta latihan yaitu tingkatkan keimanan dan ketahuan kepada Tuhan Yang Maha Esa, laksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab serta laksanakan dengan sungguh-sungguh seluruh prosedur latihan yang telah tertuang di dalam rencana operasi serta utamakan keamanan dan keselamatan personel maupun material.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *