Peringati 1 Muharram 1445 H, Kodim 0505/JT Gelar Do’a Bersama

Berita119 Dilihat

Beritamiliter.com—Kodim 0505/Jakarta Timur – Tahun Baru Islam, Bulan Muharram merupakan momen yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Islam mengajarkan kepada kita bahwa sebagai umat muslim, kita harus menyambut tahun baru memakai sistem penanggalan Hijriah dan memperingatinya dengan doa serta berzikir kepada Tuhan yang maha esa.

Tahun Baru Islam seringkali dirayakan dengan antusiasme dan harapan baru dalam memulai Hijriah yang baru. Beberapa kegiatan dapat digambarkan sebagai rasa syukur terhadap datangnya Tahun Baru Islam, seperti pawai obor keliling, musahabah, zikir dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk kebaikan dan kebersamaan.

Dengan mengusung tema “Dengan semangat Tahun Baru Islam 1445H/2023 M kita tingkatkan Taqwa, mantapkan akhlak mulia dan kekuatan persaudaraan.”
Kodim 0505/Jakarta Timur menggelar Peringatan 1 Muharram di Masjid PALAPA, Rabu (26/07/23).

Peringatan 1 Muharram 1445 H dihadiri oleh Perwira staf, Danramil, anggota Makodim, perwakilan Babinsa tiap-tiap Koramil, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505 Koorcab Rem 051 PD Jaya beserta Pengurus Persit dan anak-anak Yatim Piatu.

Dandim 0505/JT Letkol Arm Suyikno,S,Sos,M.Si, mengapresiasi kegiatan Peringatan 1 Muharram 1445 H yang diselenggarakan pada hari ini.

Dikatakannya momen peringatan 1 Muharram ini sebagai upaya untuk membangkitkan kesadaran akan kehidupan di dunia, tingkatkan persaudaraan diantara umat manusia dan pentingnya memperbaiki diri serta mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ibadah Sholat Lima waktu.

Lanjut Dandim, Dalam momentum Tahun Baru Islam 1445 H/2023 M untuk bersedekah dengan menyantuni anak Yatim Piatu serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Dandim juga berpesan kepada anggota agar selalu bersyukur serta meningkatkan iman, ketaqwaan kepada allah swt dan senantiasa selalu meningkatkan silaturahmi, kuatkan persaudaraan serta menjaga keharmonisan keluarga.

Sementara itu penceramah Ustadz M. Makruf, S,Pdi, yang memberikan tausiyah mengajak agar tidak henti-hentinya kita selaku umat Nabi Muhammad SAW selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Tidak terasa hampir setahun sudah kita jalani hidup di tahun 1444 Hijriah, sekarang kita akan memasuki Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, berarti satu tahun umur kita bertambah padahal hakikatnya justru umur kita berkurang, bergantinya tahun berarti berkurangnya umur kita, besok berkurang satu hari, lusa berkurang lagi satu hari, begitu dan seterusnya.

Jika di masa-masa yang lalu kita masih banyak melakukan perbuatan-perbuatan yang kurang baik, maka marilah pada tahun baru Islam ini kita ganti kemaksiatan – kemaksiatan dengan memperbanyak amal ibadah dan bersedekah, Semoga di Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini kita semua yang ada di Masjid PALAPA ini beserta anggota Kodim 0505/Jakarta Timur mendapat keberkahan hidup dari Tuhan yang maha esa.

*Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *