Menghormati Adat Istiadat, Datsatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Hadiri Tradisi Gawai Anak Padi

Berita125 Dilihat

Beritamiliter.com—Jakarta. Menghormati adat istiadat suku dayak di tempat tugas, Satgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti menghadiri acara tradisi gawai anak padi (padi sudah tumbuh) di Desa Seriang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jumat (21/07/2023).

Acara gawai anak padi ini dihadiri oleh personel Pos Seriang dan anggota Pos Kotis dipimpin Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Mayor Arm Ady Kurniawan, M.Han. bertempat di Aula Desa Seriang. Turut hadir pula dalam acara tersebut, Bupati Kapuas Hulu, Camat Badau, Camat Empanang, para temanggung dan tokoh masyarakat.

Gawai anak padi adalah tradisi masyarakat suku dayak yang sampai saat ini masih dilestarikan dan diselenggarakan rutin tiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur atas tumbuhnya padi yang telah ditanam tanpa ada hambatan.

“Yang terpenting dari adanya kegiatan ini adalah bahwa kami Satgas Pamtas sangat menjunjung tinggi adat istiadat setempat, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat dan juga mempererat tali silaturahmi antara kami dengan masyarakat,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah,Danpos Seriang Serka Azis mengatakan jika kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud syukur tumbuhnya padi yang ditanam oleh masyarakat Desa Seriang dan untuk mempererat tali silaturahmi Pos Seriang dengan warga di perbatasan.

“Kehadiran Satgas Pamtas haruslah memberi manfaat bagi masyarakat di wilayah perbatasan, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana Satgas Pamtas mendekatkan diri dengan masyarakat di daerah perbatasan,” ujar Danpos.

Kepala Desa Seriang bapak Fransiskus mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Satgas Pamtas di kegiatan tradisi leluhur kami ini, merupakan suatu kehormatan bagi kami dan semoga kedepannya Satgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti dapat berhasil di setiap tugasnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *