Juli 24, 2024

Beritamiliter.com—Jakarta. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Ri-Mly Yonarmed 10/1/1 Kostrad Bradjamusti kembali berhasil menerima satu pucuk Senjata Api Rakitan yang diserahkan oleh salah satu warga Desa Tajum, Kec. Badau, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Selasa ( 18/ 07/ 2023).

Penyerahan senjata rakitan tersebut bermula adanya kegiatan anjangsana rutin yang dilakukan oleh anggota Pos Seriang Dipimpin Danpos Seriang Serka Azis dirumah salah satu warga a.n bapak DJ (54), untuk menjalin keakraban. Sabtu (15/07/2023).

Pada hari Senin, 17 Juli pukul 14.00 Bapak DJ mendatangi Pos Seriang untuk mengajak anggota pos mencari durian di kebun milik nya.

Disana Bapak DJ kemudian bercerita bahwa di kebun nya itu banyak binatang yang merusak tanaman sehingga ia harus menyimpan senjata rakitan Bowman jenis Pelontar untuk mengusir binatang tersebut.

Selanjutnya, anggota pos memberikan wawasan dan pengertian kepada yang bersangkutan bahwasanya larangan dan bahaya apabila bagi masyarakat sipil yang memiliki atau menyimpan senjata rakitan.

Pada akhirnya, Bapak DJ dengan sukarela bersedia menyerahkan senjata rakitan tanpa ada paksaan apapun.

Selanjutnya, Danpos melaporkan kepada Pasiintel Satgas Letda Arm Dhamis dan Dansatgas perihal penemuan senjata api rakitan tersebut

“Untuk Senjata api rakitan Bowman laras panjang jenis Pelontar saat ini diamankan di Pos Seriang SSK l dan akan diserahkan ke Kompi 1 Mentari,” ujar Danpos Seriang Serka Azis.

Sementara itu, di tempat terpisah Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti, Mayor Arm Ady Kurniawan M.Han menerangkan bahwa, “Kami Satgas akan terus memberikan pemahaman secara bertahap dan persuasif kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan senjata api rakitan di Kawasan permukiman,” ujar Dansatgas

Beliau juga mengapresiasi, pihaknya berhasil menggerakkan hati warga desa binaanya tersebut.

“ Hal ini merupakan dampak yang sangat positif dari pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti khususnya Pos Seriang terhadap masyarakat sekitar, sehingga dapat menggerakkan hati dan pikiran warga, dimana ia secara sukarela menyerahkan kepada petugas demi keamanan bersama”, demikian Dansatgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti, Mayor Arm Ady Kurniawan M.Han. memberikan apresiasinya.

Seperti yang telah diketahui, Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti senantiasa melaksanakan Pembinaan Teritorial salah satunya dengan selalu aktif gotong royong membantu pembangunan infrastruktur desa binaannya, bhakti sosial, karya bakti serta memberikan pengobatan medis kepada masyarakat secara rutin sehingga dapat menciptakan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang baik serta pendekatan yang tepat kepada masyarakat (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *