LANTAMAL III JAKARTA HADIRI TASYAKURAN HUT KE-1 KORPS HUKUM TAHUN 2023

Berita158 Dilihat

Beritamiliter.com—TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili oleh Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (PM) Achmad Junaidi, S.A.P., M.Tr.Hanla., M.M. menghadiri tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Korps Hukum dipimpin oleh Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., CFrA. mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. bertempat di Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (17/07/2023).

Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksma TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan “Korps Hukum Angkatan Laut telah menjadi korps yang ke-9 dari korps Perwira TNI Angkatan Laut bersama korps lainnya terhitung mulai tanggal 7 Juli 2022 dengan sebutan “Hukum” disingkat (H) dan kejuruan Bintara dan Tamtama Hukum dengan sebutan “Hum”. Pembentukan korps hukum ini merupakan tuntutan profesionalisme personel berprofesi hukum yang memiliki kompetensi penugasan di bidang hukum dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut utamanya di bidang hukum dan operasional (operational law). Tasyakuran hari ulang tahun yang pertama ini, akan kami jadikan evaluasi dan introspeksi diri, serta meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, serta profesionalisme dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut”.

Kasal dalam sambutannya yang dibacakan oleh Koorsahli Kasal mengatakan “Pembentukan korps Hukum ini didasari tuntutan profesionalisme personel profesi hukum yang memiliki kompetensi penugasan di bidang hukum, sehingga diperlukan wadah berupa korps tersendiri yaitu korps Hukum. Pembentukan korps Hukum bertujuan untuk menjawab tuntutan, tantangan dan dinamika penugasan bidang hukum laut, penegakan kedaulatan dan hukum di laut, hukum humaniter dan Hak Asasi Manusia (HAM), peraturan perundang-undangan, kesadaran dan penegakan hukum bidang personel, bantuan dan nasehat hukum serta perjanjian dan kerja sama di lingkungan TNI Angkatan Laut”.

Selanjutnya Kasal menyatakan “Tasyakuran HUT ke-1 korps Hukum hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk melaksanakan evaluasi dan introspeksi diri, serta mengukur tingkat kesiapan dan pengabdian personel korps Hukum dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kepentingan dinas prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI Angkatan Laut beserta keluarganya. Hal tersebut guna memantapkan kredibilitas dan mempertahankan citra positif personel korps Hukum dengan dilandasi motivasi, dedikasi, loyalitas, profesionalisme, serta kode etik dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasal memberikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan “Tingkatkan peran dukungan hukum secara maksimal kepada dinas maupun personel TNI Angkatan Laut beserta keluarganya guna tercapainya kepastian hukum. Tingkatkan profesionalisme melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia guna membentuk personel korps Hukum yang handal, bijak dan adil serta tingkatkan koordinasi dengan komunitas hukum lainnya”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *