Juli 24, 2024

Beritamiliter.com—-Dispen Kormar (Surabaya).*_ “Banggalah kamu dengan dirimu sendiri, dengan satuanmu dan keluargamu. Bergembiralah kamu dikeluarga, ditempat latihan dan di daerah operasi. Seribu kali masuk daerah perang, seribu kali kalian akan menang dengan Kedigdayaan”.

Tegas Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han) saat pembekalan kepada 94 (sembilan puluh empat) Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV Angkatan ke-68 menjelang Penutupan Pendidikan di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jum’at (07/07/2023).

Kegitan pembekalan yang diawali dengan yel-yel tersebut, dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, menyayikan Lagu Indonesia Raya, Laporan Ketua Senat Taruna, sambutan Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., pemutaran _Filler Curiculum Vitae_ Dankormar, pembekalan oleh Dankormar serta tanya jawab, penyerahan plakat, penyerahan Cendramata oleh Ketua Senat Taruna, foto bersama, Laporan Ketua Senat Taruna, menyanyikan Lagu Bagimu Negeri, serta diakhiri dengan penutup.

Sementara itu dalam pembekalannya, Dankormar juga menjelaskan kepada para Taruna bahwa, sesuai Perpres No.66 tahun 2019 ada dua tugas Kormar yakni sebagai Kotama Operasional TNI dan sebagai Kotama Pembinaan TNI AL.

Sebagai Kotama Operasional TNI, kata Dankormar, Korps Marinir bertugas menyelenggarakan operasi amphibi, operasi pertahanan pantai dan pengamanan pulau terluar strategis dalam rangka operasi militer perang  (OMP) dan operasi militer, selain perang (OMSP) serta operasi lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

“Korps Marinir disamping sebagai Kotama Operasional,  juga sebagai Kotama Pembinaan yang bertugas membina kekuatan dan kesiapan operasi satuan Marinir serta membina potensi Maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan matra laut yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut”, ungkap Dankormar.

Dalam pembekalan tersebut, Dankormar juga memaparkan kepada para Taruna tentang struktur organisasi Korps Marinir, gelar kekuatan (deployment) dan area of responsibility, konsep gelar Marinir di Ibu Kota Baru, kekuatan personel Korps Marinir dan material tempur yang dimiliki Korps Marinir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *