TNI AL Berhasil Uji Penembakan Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 Pada Latihan Armada Jaya XLI TA 2023

Berita379 Dilihat

Beritamiliter.com—Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 1 Juli 2023 — TNI Angkatan Laut (TNI AL) berhasil melaksanakan penembakan SSM Exocet MM40 Block 3 yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Pimpinan Utama Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 dari KRI Raden Eddy Martadinata-331, di perairan Laut Jawa, Jumat (30/06).

Penembakan dilaksanakan oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dibawah pimpinan Dansatgas Kolonel Laut (P) Lukman Kharis, dengan sasaran eks. KRI Karang Tekok-982. Penembakan ini merupakan bagian dari Operational Live Firing Trial (OLFT) dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur terutama pada aspek Peperangan Anti Kapal Permukaan.

SSM Exocet MM40 Block 3 merupakan rudal yang memiliki diameter 0,35 m dengan panjang 5,8 m dan kecepatan 0,9 mach. Kemampuan rudal ini yaitu fire and forget, all weather, high subsonic, sea-skimming, inertial navigation, active homing head, long range missile, 360 missile axes, no-go zone, coastal line, littoral attack, horizontal waypoints, vertical waypoints, angular manoeuvre, end manoeuvre, proximity function, re-attack, search mode, masking, target priority, and search criterion.

Kasal sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat serta sukses atas keberhasilan uji coba penembakan rudal exocet MM40 Block 3. “Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja samanya, kerja kerasnya, dedikasi seluruh prajurit pada Latihan Armada Jaya Kali ini”, ungkap Kasal.

Latihan Armada Jaya dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur Pimpinan – Staf Komando Gabungan TNI dan Komando Tugas Gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI, meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut dan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT, dan menguji doktrin operasi gabungan TNI.

Kasal berpesan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kesiapan prajurit serta kondisi alutsista TNI Angkatan Laut untuk menghadapi event latihan yang lebih besar yaitu Latihan Gabungan TNI, Latihan PPRC TNI, dan Latihan Super Garuda Shield.

Pelaksanaan kegiatan Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 ini selaras dengan program prioritas Kasal yaitu TNI Angkatan Laut memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiapan dan kesiagaan yang tinggi.

“TNI Angkatan Laut bertanggung jawab dalam melaksanakan kesiapan tempur matra laut yang dimilikinya, termasuk di dalamnya pembinaan kemampuan material dan personel pengawak alutsista, sebagai bagian penting dari upaya membangun TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh”, ungkap Kasal.

Penembakan Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 Kasal juga didampingi beberapa pejabat TNI AL yang lain yaitu Pangkoarmada RI, Dankodiklatal, Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Pangkoarmada III, Asops Kasal, Aspers Kasal, Asintel Kasal, KS Kogabwilhan II, Danpuspenerbal, Kadisopslatal, Kadiskomlekal, dan Kadispenal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *