TNI AL BERHASIL RAIH EMPAT TROPY TALL SHIP RACE SAIL DI DEN HELDER BELANDA

Berita659 Dilihat

Beritamiliter.com—Jalesveva Jayamahe,Belanda, 1 Juli 2023,—- Empat tropy pada event bergengsi internasional Tall Ship Race Sail Den Helder 2023 resmi digenggam TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini KRI Bima Suci yang tergabung sebagai Satgas misi pelayaran diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida (KJK) 2023 di Den Helder, Belanda pada Jumat (30/06).

Sebelum pelaksanaan parade crew, kontingen Satgas KJK 2023 dilepas langsung oleh Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, Waaspers Kasal Laksma TNI Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo beserta para pejabat TNI AL lainnya.

Penampilan para prajurit KRI Bima Suci dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-70 pada parade crew yang berhasil membuat semua mata pengunjung yang hadir disepanjang rute parade dari port of Den Helder menuju pusat kota, tak lepas memandang semua atraksi yang ditampilkan oleh personel Satgas KJK TNI AL.

Selain dihibur dengan penampilan dari Genderang Suling Taruna AAL angkatan ke-70, para pengunjung juga disuguhi kesenian dari berbagai daerah di Nusantara di Indonesia seperti dari Sumatra Barat, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah yang ditampilkan oleh para prajurit KRI Bima Suci serta penampilan beragam pakaian dinas yang biasa dikenakan oleh prajurit TNI AL.

Kehadiran para prajurit Satgas KJK 2023 juga berhasil membuat diaspora Indonesia di Belanda turut merasa bangga dan sedikit mengobati rasa rindunya terhadap tanah air.

Atas penampilan yang berhasil menggemparkan kota Den Helder tersebut, Satgas KJK 2023 yang di Komandani Letkol Laut (P) M. Sati Lubis serta Palaklat Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo berhasil memperoleh empat tropy yaitu The Most Spectacular Arrival, Vesel Farthest From Home Port, The Best Crew Parade Marching Band serta Runner Up Sport Activity.

Antusias para pengunjung yang hadir pada acara tersebut selain dikarenakan kegiatan Tall Ship Race yang hanya dilaksanakan setiap 4 tahun sekali juga dikarenakan pada event ini dihadiri oleh peserta kapal layar dari seluruh belahan dunia. Kehadiran KRI Bima Suci menjadi salah satu yang sangat ditunggu karena merupakan satu-satunya peserta terjauh dan peserta yang berhasil menempuh perjalanan terjauh hingga bisa hadir pada event internasional tersebut.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis juga sebagai Dansatgas KJK 2023 menyampaikan bahwa KRI Bima Suci juga mengemban misi untuk mempromosikan seni dan budaya sekaligus tujuan wisata Indonesia. “Dengan begitu kehadiran kami dalam event bergensi ini selain memberikan gambaran dan pertunjukkan kepada dunia tentang Indonesia, juga diharapkan hubungan persaudaraan dapat tercipta sehingga misi diplomasi kami sebagai Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa dapat terwujud,” ujar Letkol Laut (P) M. Sati Lubis.

Pada kesempatan tersebut Letkol Laut (P) M. Sati Lubis menyampaikan rasa terima kasih kepada para prajurit dan Taruna AAL dan yang berperan serta dalam pelayaran muhibah diplomasi dan duta bangsa Indonesia serta berharap dengan kegiatan Tall Ship Race Sail Den Helder 2023 tersebut semakin dapat mempererat hubungan dan persaudaraan antara negara-negara yang memiliki kapal layar.

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang sebelumnya berkesempatan hadir langsung menyambut kehadiran Satgas KJK di Den Helder Belanda menyampaikan bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya kepada dunia. “Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara”, tegas Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *