Saat Latihan Armada Jaya XLI Tahun 2023 Prajurit TNI AL Tetap Laksanakan Sholat Idul Adha di Laut

Berita313 Dilihat

Beritamiliter.com–Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 30 Juni 2023 — Ada hal menarik saat pelaksanaan Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 kali ini, karena bertepatan dengan peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H. Namun hal tersebut tidak menghilangkan motivasi para prajurit untuk tetap melaksanakan ibadah.

Seperti yang dilakukan prajurit TNI AL di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surabaya-591 dengan melaksanakan Sholat Idul Adha di atas kapal. Kegiatan tersebut diikuti oleh Danguspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto selaku Pangkogasgabfib Armada Jaya XLI Tahun 2023, berlokasi disekitar perairan Laut Jawa, Kamis kemarin (29/06).

Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh prajurit KRI Surabaya-591 dan tim Satuan Tugas (Satgas) Armada Jaya Tahun 2023 yang beragama Islam. Bertindak selaku imam saat sholat ied adalah Serda Bah Ibnu dan sebagai khotib adalah Serka Pom Sugeng.

Tentunya ada kesan tersendiri saat perayaan hari raya Idul Adha 1444 H kali ini, dimana umat muslim lainnya melaksanakan Sholat Ied bersama keluarga, para prajurit Jalasena melaksanakannya ditengah lautan. Namun hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa bagi prajurit TNI AL khususnya yang berdinas di KRI ataupun prajurit lainnya yang sedang menjalankan tugas seperti pengamanan pulau terluar dan latihan Armada Jaya 2023 yang saat ini sedang berlangsung.

Tidak hanya di KRI Surabaya-591, pelaksanaan Sholat Idul Adha juga dilaksanakan seluruh prajurit beragama islam yang sedang mengikuti kegiatan latihan Armada Jaya 2023, seperti prajurit KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI Teluk Banten-516 dan seluruh unsur KRI yang sedang melaksanakan tugas Latihan Armada Jaya XLI tahun 2023.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *