Komponen Cadangan Matra Laut, Keras Dalam Latihan Demi Bela Negara

Berita995 Dilihat

Beritamiliter.com—Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 24 Juni 2023,—Ratusan siswa Komponen Cadangan Matra Laut penuh semangat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) di Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal (Kodikmar Kodiklatal), Gunung Sari Surabaya.  Semangat tersebut ditunjukan melalui atraksi dan demonstrasi kemampuan dasar militer yang telah mereka peroleh  di hadapan Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal) Mayjen TNI (Mar) Markos, ketika melakukan Monitoring dan Evaluasi Latihan Dasar Militer Komcad Matra Laut tahun 2023,  Jumat (23/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah pejabat TNI AL diantaraya Dankodikmar Brigjen TNI Mar M Nadir,  Paban II Spotmaral Kol.Laut (P) Ketut Budiantara, Wadan Kodikamar  Kolonel Mar Efhardian, Dansatgas Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 Kolonel Mar Widoyono dan para pejabat Kodikmar.

Dalam kesempatan tersebut Aspotmar Kasal menyampaikan Komponen Cadangan adalah sebuah pasukan cadangan militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil. Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni TNI.

“Hal tersebut dipertegas dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019, mengenai pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida”, tambah Aspotmar Kasal.

Dalam kesempatan tersebut  Aspotmar Kasal berpesan kepada seluruh siswa Komcad Matra Laut selama melaksanakan Pendidikan tetap menjaga Kesehatan, kekompakan dan semangat sampai dengan pelantikan nantinya.

Pelaksanaan Latsarmil berlangsung selama 3 bulan, saat ini telah memasuki pekan ke 7 dari 13 pekan yang telah dijadwalkan. Pembukaan Diklatsarmil Komcad TNI AL Tahun 2023 dipimpin oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, pada 8 Mei lalu. Bertindak selaku Komandan Satgas Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 adalah Kolonel Marinir Widiyono.

Saat ini, Komcad Matra Laut yang dilatih sebanyak 500 personel terdiri dari 450 pria dan 50 Wanita dengan latar belakang karyawan swasta, pelajar dan juga Mahasiswa dari Universitas Hang Tuah maupun Politeknik Pelayaran Yogyakarta, Sidoarjo serta Denpasar.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan bahwa untuk mendukung pembangunan SDM yang tangguh dan profesional, dibutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi dari semua pihak. “Kemajuan teknologi yang semakin pesat dan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis, tentunya akan menimbulkan tantangan tugas yang juga semakin kompleks dan tidak mudah“, tandas Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *