Edukasi Pelatihan Eco Enzyme Kepada PKK RW.12 Kel. Jatinegara Cakung

Berita408 Dilihat

Beritamiliter.com—Kodim 0505/Jakarta Timur, Dalam rangka mengenalkan pemanfaatan eco Enzyme dan pelatihan cara pembuatan Eco Enzyme kepada kader PKK dan perangkat RT/RW.12 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Kamis (22/06/23).

Peltu Ketut Budi yang merupakan Babinsa Koramil 05/Kramatjati ini memberikan Edukasi dan pelatihan pada kegiatan pengenalan cara pembuatan Eco Enzyme kepada para kader PKK dan perangkat RT/RW.12 Kelurahan Jatinegara dan juga memberikan Edukasi tentang pengertian Eco Enzyme adalah alternatif pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk dengan nilai ekonomi dan nilai manfaat yang tinggi.

Eco enzyme merupakan hasil olahan limbah dapur yang difermentasi dengan menggunakan gula. Limbah rumah tangga yang diolah biasanya berupa ampas buah dan sayuran.

Pengertian Eco Enzyme Adalah Arti Eko Enzim, Manfaat dan Cara Membuat Limbah Rumah Tangga Menjadi Eko Enzim Arti Eco Enzyme Adalah Penyumbang tumpukan sampah di Indonesia adalah berasal dari limbah rumah tangga, dimana hampir setengahnya adalah sisa makanan atau biasa disebut dengan sampah organik. Jika diolah dengan baik, limbah rumah tangga tersebut pastinya lebih bermanfaat bagi manusia.

Ada potensi besar dari bahan-bahan organik tersebut apabila dikelola atau diolah oleh warga masyarakat, untuk dapat digunakan kembali menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang cukup besar.

Ditambahkan Peltu Ketut tentang Eco enzyme yang baik memiliki keasaman (pH) dibawah 4.0 beraroma asam segar khas fermentasi adalah alternatif pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk dengan nilai ekonomi dan nilai manfaat yang tinggi. Eco enzyme merupakan hasil olahan limbah dapur yang difermentasi dengan menggunakan gula. Limbah rumah tangga yang diolah biasanya berupa ampas buah dan sayuran. Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna menggunakan sampah buah atau sayuran.

Manfaat Eco Enzyme Eco enzyme biasa disebut dengan cairan multiguna, sebab dapat digunakan baik dibidang rumah tangga, pertanian, peternakan maupun dibidang industri. Baik untuk bahan kosmetik, obat-obatan, pembersih lantai dan desinfektan, sampai insektisida dan pupuk cair yang dapat merangsang hormon tanaman untuk memaksimalkan kualitas hasil panen sayuran dan buah.

Diharapkan dengan digelarnya edukasi dan pelatihan cara pembuatan Eco Enzyme, para Kader PKK dan perangkat RT/RW.12 Kelurahan Jatinegara dapat mengolah sampah organik bermanfaat menjadi obat.

Ucapan terimakasih dari ketua RW.12 Ato kepada Babinsa Peltu Ketut Budi yang telah memberikan Edukasi dan cara pembuatan Eco Enzyme kepada kader PKK dan perangkat RT/RW.12 Kelurahan Jatinegara Cakung, semoga edukasi dapat dimengerti dan dipahami serta manfaat Eco Enzyme untuk kelestarian Bumi bagi anak-anak kita dimasa yang akan datang, pungkasnya.

*Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *