CALON TARUNA AAL PANDA LANTAMAL III JAKARTA IKUTI SELEKSI TES KESEHATAN JIWA

Berita634 Dilihat

Beritamiliter.com—TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta diwakili Letkol Laut (K) dr. Rudyhard Hutagalung, Sp.KJ selaku Ketua Tim Kesehatan Jiwa (Katim Keswa) dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) menggelar tes Keswa tertulis dan wawancara kepada 272 calon Taruna (Catar) AAL tahun 2023 terdiri dari 240 Catar pria dan 32 Catar wanita bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/06/2023).

Danlantamal III Jakarta dalam kesempatan terpisah menyampaikan “Tes kesehatan jiwa adalah serangkaian tes yang digunakan untuk mengecek kesehaan jiwa atau mental dan menilai karakteristik kejiwaan dari Catar AAL”.

Kegunaan tes Keswa secara umum adalah untuk mengidentifikasikan kepribadian dan gejala psikopatologi (gangguan kesehatan jiwa) yang ada pada Catar AAL. Tes ini dapat melihat apakah Catar AAL mempunyai kematangan ego yang baik, kemampuan untuk menahan emosi dan dominansinya di dalam kehidupan sosial. Hal-hal yang dapat dinilai dalam tes ini antara lain gejala depresi, kepercayaan terhadap orang lain, kecurigaan, sensitivitas, gangguan mental berat (skizofrenia), kecemasan atau kekhawatiran berlebih (hipokondria), kecemasan, keragu-raguan,dan pikiran obsesif.

Tes ini terdiri atas sekitar 600 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 120 menit, soal tersebut berupa pertanyaan mendasar tentang kepribadian yang dapat melihat dan mengukur ketepatan, konsistensi, dan ketertarikan seseorang terhadap sesuatu.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *