Uji Kesiapan Komponen SSAT dan Doktrin Operasi Gabungan, TNI AL Gelar Armada Jaya Ke-41

Berita583 Dilihat

Beritamiliter.com—Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 12 Juni 2023,— TNI AL menyelenggarakan latihan puncak matra laut Armada Jaya XLI tahun 2023, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Auditorium Gedung Sudomo Kodiklatal, Surabaya, Senin (12/06).

Armada Jaya dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur pimpinan – staf komando gabungan TNI dan komando tugas gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan operasi gabungan TNI, meningkatkan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT, sekaligus menguji doktrin operasi gabungan TNI.

“Latihan ini merupakan bagian penting dari upaya integral dalam pembinaan kekuatan dan pengembangan kemampuan seluruh komponen kekuatan TNI AL. Bertujuan untuk menguji keterpaduan komponen SSAT dalam pelaksanaan operasi militer untuk perang, yang menjadi salah satu core business TNI AL, sebagai alat pertahanan negara di laut”. Hal tersebut ditegaskan Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, saat membuka Gladi Posko Armada Jaya.

Dalam pelaksanaannya latihan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu Gladi Posko dan Manuver Lapangan (Manlap). Tahap Gladi Posko dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 20 Juni 2023 yang terpusat di Kodiklatal, Surabaya. Sedangkan tahap manuver lapangan dilaksanakan mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2023.

Direncanakan tahap Manlap akan berlangsung di 3 wilayah yaitu, wilayah Barat meliputi Pangkalan Jakarta, Laut Jawa, Selat Gelasa Laut Natuna Selatan, serta daerah latihan Dabo Singkep. Wilayah Tengah meliputi Pangkalan Surabaya, APBS Laut Jawa, Laut Bali, dan Daerah Latihan Asembagus. Selain itu di wilayah Timur berlokasi di Pangkalan Sorong, Laut Teluk Halmahera, Perairan Morotai serta Pulau Morotai.

Pada tahap Gladi Posko Armada Jaya tahun ini melibatkan 1.916 personel yang terdiri dari berbagai satuan diantaranya Koarmada RI, Koarmada I, Koarmada II, Pushidrosal, Lantamal IV/Batam, Kolinlamil, Guspurla Koarmada I, Pasmar 2, Puskopaska, Lantamal XIV/Sorong, Disinfolahtal, dan Dispamsanal. Sementara direncanakan lebih dari 6000 personel akan dilibatkan pada tahap manuver lapangan.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *