Juli 21, 2024

Beritamiliter.com–Jalesveva Jayamahe,Makassar, 7 Juni 2023 — Para Delegasi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2023 mengikuti kegiatan Lesson From Expert (LFE) tentang penanganan bencana alam dari para narasumber yang diundang oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Ke-4 tahun 2023, bertempat di Sandeq A Hotel Claro Makassar. Selasa kemarin, (6/6).

Para narasumber dalam kegiatan LFE tersebut adalah dari United Nation – Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UN-OCHA) atau Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, Mindaraga Rahardja, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Berton Suar Pelita Panjaitan dan dari Dinas Hukum Angkatan Laut (Diskum AL) Mayor Laut (KH) Junior Hecta Sukma Wardana.

Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber meliputi penanggulangan bencana, pemberian dan penerimaan bantuan dari negara lain melalui militer, mekanisme operasi bantuan kemanusiaan internasional, kebijakan dan strategi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di Indonesia.

Tujuan kegiatan LFE adalah untuk berbagi pengalaman, informasi dan pengetahuan dalam penanggulangan bencana dan masalah-masalah lain yang mempengaruhi. Latihan multilateral ini akan melaksanakan operasi bantuan kemanusiaan dan penanganan bencana, sehingga diharapkan dari kegiatan LFE ini bisa memberikan gambaran yang terkait operasi bantuan kemanusiaan kepada peserta the 4th MNEK 2023 sebelum melaksanakan manuver lapangan pada hari berikutnya.

MNEK 2023 yang berlangsung di Makassar dari tanggal 5-7 Mei 2023 MNEK merupakan latihan non-perang berskala internasional yang digelar oleh TNI AL setiap dua tahun sekali bersama beberapa negara sahabat dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan yang bertujuan untuk mempererat kerja sama antara TNI AL dengan angkatan laut negara-negara sahabat.

Dalam sambutan Wadansatgas MNEK 2023 Kolonel Laut (P) Lukman Kharish yang mewakili Dansatgas Laksma TNI Edi Haryanto mengucapkan senang bisa menyambut semua peserta pada pembukaan Lesson From Expert (LFE) MNEK ke-4 tahun 2023.

“Terima kasih telah menjadi bagian dari acara bergengsi ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua narasumber dan undangan. Jadikan kesempatan ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman”, ujar Kolonel Lukman. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Wadansatgas kepada para narasumber.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *