Jelang MNEK 2023, Manuver Pesawat Bonanza dan Terjun Payung Warnai Gladi Bersih

Berita237 Dilihat

Beritamiliter.com—Jalesveva Jayamahe,Makassar. 4 Juni 2023 —- TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar kegiatan gladi bersih dalam rangka Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2023 yang akan berlangsung pada 5-8 Juni 2023 mendatang di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Berbagai kegiatan yang nanti akan dilaksanakan pada pembukaan MNEK 2023 diantaranya puluhan peterjun dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir ikut mewarnai langit di kawasan Dermaga Soekarno Hatta, Makassar, yang akan menjadi tempat pembukaan MNEK 2023.

Selain para peterjun payung, pesawat-pesawat Bonanza milik TNI AL dari Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) yang tergabung dalam “Neptune Flight Harmony”, juga menyuguhkan atraksi dengan membentuk berbagai formasi serta manuver-manuver aerobatik yang menarik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Opening Ceremony yang akan dibuka langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali pada 5 Juni 2023, dan dihadiri pejabat pemerintah pusat maupun pejabat daerah Sulawesi Selatan serta Chief of Navy dari negara-negara peserta MNEK 2023. Rencananya para peserta dari 36 negara tersebut akan disambut dengan tarian kolosal khas masyarakat Makassar sebagai ucapan selamat datang.

Dalam rangkaian opening ceremony rencananya para pejabat bersama tamu undangan VIP lainnya akan onboard di KRI Bung Karno-369 yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, untuk melaksanakan International Fleet Review (IFR) menuju kapal-kapal peserta latihan di area lego jangkar.

Selain itu juga akan ada kegiatan meninjau lokasi pelaksanaan Maritime Exhibition, peresmian Monumen MNEK yang berada di Central Point Indonesia (CPI), Lorong Wisata, dan Hotel Claro yang nantinya akan menjadi titik kumpul untuk para perwakilan delegasi negara di dunia.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *