Juli 21, 2024

Beritamiliter.com–Jalesveva Jayamahe,Jakarta, 6 September 2023,— TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten melaksanakan evakuasi dan pemadaman api atas terjadinya kebakaran Kapal Motor (KM) Mutiara Berkah I di Dermaga IKPP (Indah Kiat) Merak Cilegon Banten, Rabu (06/09). Hingga berita ini diturunkan, para prajurit TNI AL bersama dengan personel dari KSOP Klas 1 Banten, Basarnas, serta Ditpolairda Banten terus berupaya melaksanakan pemadaman serta penyelamatan.

KM. Mutiara Berkah I terbakar sekitar pukul 10.40 WIB, diduga api berawal dari Truk bermuatan kendaraan bermotor yang diangkut oleh Kapal Naas tersebut. Api semakin membesar meskipun ABK Kapal telah berupaya melakukan pemadaman dengan Alat Pemadam Api Ringan dan Springkler. Karena kondisi semakin tidak terkendali akhirnya menyebabkan KM Mutiara Berkah I terbakar seluruhnya.

Lanal Banten sendiri mengerahkan Patkamla Peucang guna melaksanakan Pengamanan serta membantu evakuasi penumpang dengan dukungan ambulance dari Balai Pengobatan Lanal Banten. Selain itu sejumlah truk TNI AL terus melaksanakan bantuan pengiriman air untuk Tim Pemadam Kebakaran.

Atas terjadinya peristiwa ini, belum diketahui total kerugian serta korban jiwa dari terbakarnya Kapal Motor yang mengangkut 136 unit truk tersebut. Selain itu puluhan mobil Pemadam Kebakaran, truk tangki air, serta ambulance terus dikerahkan guna melaksanakan penanggulangan.

Dikatakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali pada berbagai kesempatan telah menegaskan, agar seluruh satuan TNI AL untuk merespon cepat terhadap kondisi-kondisi darurat yang terjadi di Masyarakat, khususnya yang membutuhkan kehadiran unsur maupun personel TNI AL.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *