Juli 24, 2024

Beritamiliter.com—Jakarta. Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Divisi Infanteri 3 Kostrad mengundang seluruh prajurit dan Persit beserta keluarga di jajaran Divif 3 Kostrad yang terdiri dari Satjar Brigif 3/TBS, Armed 6/TMR, Arhanud 16/SBC dan SatBalak Divif 3 Kostrad, bertempat di Markas Komando Divif 3 Kostrad di Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Minggu (13/8/2023).

Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M. mengatakan bahwa Divif 3 Kostrad menyelenggarakan berbagai kegiatan yakni lomba-lomba yang melibatkan masyarakat, prajurit, Ibu-ibu Persit dan anak-anak serta bakti sosial (Pembagian Sembako) dan juga donor darah yang dilaksanakan complete (lengkap) dalam satu hari ini.”

Lebih lanjut, adapun lomba Tarik Panser Badak, baru pertama kali diselenggarakan di Divif 3 Kostrad. Sebelum dilaksanakannya kegiatan ini, sudah terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk meyakinkan Lomba ini aman untuk dilaksanakan. Dimana kita lihat bersama untuk waktu yang diperoleh rata-rata dibawah 1 (satu) menit, hal ini menunjukan bahwa prajurit Kostrad memiliki fisik yang prima, kerjasama, jiwa korsa, strategi dan konsentrasi yang baik.

“Untuk jenis Panser Badak merupakan Kendaraan Tempur (Ranpur) 6×6 yang dibuat oleh PT. Pindad. Kendaraan ini memiliki bobot 14 ton yang dimana Pesertanya dalam satu Tim terdiri dari 8 (delapan) orang. Untuk Peserta yang mengikuti lomba meliputi Prajurit Satuan Jajaran Divif 3 Kostrad yakni dari Brigif Para Raider 3/3 Kostrad, Batalyon Armed 6/TMR, Batalyon Arhanud 16/SCB, Balak Divif 3 Kostrad, serta para Bintara dan Tamtama remaja yang baru masuk satuan, dimana kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan juga untuk menambah semangat para anggota jajaran Divif 3 Kostrad,” tegas Mayjen TNI Choirul Anam.

Sementara itu, lomba Makanan Sehat Anti Stunting merupakan cetusan ide dari ibu-ibu Persit Pengurus Koorcab Divisi Infanteri 3 PG Kostrad yang melihat adanya salah persepsi mengenai bekal anak. Ada yang berpendapat bekal kreatif yang kerap di posting di media sosial memberatkan dan rata-rata berasal dari makanan frozen junkfood dan fast food yang nutrisi gizinya hilang. Dengan dimulai terselenggaranya kegiatan lomba Makanan Sehat Anti Stunting diharapkan dapat menginsipirasi para orang tua khususnya anggota Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 3 PG Kostrad dalam menyiapkan bekal untuk anak-anaknya dengan memenuhi unsur sehat, bergizi seimbang, enak dan kreatif agar anak terhindar dari stunting.

Adapun profesional yang terlibat dalam penjurian Lomba Makanan Sehat adalah dr. Edward Pandu Wiriansya, Sp.P (K), FISR, Direktur Utama Rumah Sakit Ibnu Sina, dr. Asriani Savitri, M.Kes, Sp.GK (K), Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Ibu Sina Makassar, dan Head Chef Hotel Ibis Styles, Ferdinandus Sudar.

Diakhir kegiatan Perayaan HUT RI dilaksanakan pemberian medali dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba dan pengundian doorprize yang dimana hadiah utamanya yakni 2 (dua) buah motor, 2 (dua) buah sepeda, 3 (tiga) buah TV 34 inch, 1 (satu) buah kulkas, Voucher menginap di hotel dan banyak lagi doorprize lainnya.
(Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *