Juli 24, 2024

Beritamiliter.com–Jakarta. Satgas Yonif Raider 321 Kostrad Pos Napua mengajak masyarakat Kabupaten Jayawijaya membangun UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di bidang pertanian, dan membagikan 100 kg bibit kacang kedelai kepada kelompok tani, bertempat di Desa Yapema, Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (09/06/2023).

Dansatgas mengatakan, usaha ini memiliki potensi yang sangat besar, melihat sangat minim petani kacang kedelai di wilayah Kabupaten Jayawijaya serta permintaan pasar untuk kacang kedelai yang sangat tinggi, ini adalah sebuah terobosan untuk memajukan ekonomi masyarakat Papua khususnya di wilayah Kabupaten Jayawijaya.

“Kami melihat kacang kedelai memiliki potensi yang sangat besar di wilayah Kabupaten Jayawijaya, sehingga Kami mendorong para petani untuk memproduksi kacang kedelai, dan dengan tujuan guna meningkatkan ketahanan pangan lokal serta memberikan motivasi kepada para petani di wilayah Kabupaten Jayawijaya agar dapat menghasilkan sendiri tanpa harus mendatangkan kacang kedelai dari luar,” tutur Dansatgas

UMKM merupakan usaha mandiri dan memiliki potensi besar apabila di kelola dengan baik, dengan ini Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sinergitas antar perangkat daerah terkait dalam fasilitasi UMKM, serta bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan level usaha UMKM lokal, yang selanjutnya akan membuka peluang bagi UMKM lokal untuk bermitra dengan Pelaku Usaha Nasional.

Mayor Inf Abdurrahman Panji Prawira, Wadansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad mengatakan, Kami membantu masyarakat dengan bantuan berupa 100 Kg bibit kacang kedelai, dan juga mengarahkan masyarakat untuk membuka lahan tidur untuk di kelola sehingga dapat menjadi nilai ekonomi.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Jayawijaya, Bapak Suhada Idris mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Pos Napua yang telah peduli terhadap masyarakat Kabupaten Jayawijaya.

“UMKM yang ada di Desa Yapema untuk penanaman Kacang Kedelai, Kami selaku pemerintah daerah tidak lepas dari pengawasan untuk kelompok yang ada, Saya ucapkan terimakasih telah melihat masyarakat kami, sehingga masyarakat dapat menjalankan usaha untuk meningkatkan perekonomian,” ucap Bapak Suhada Idris.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Yapema, Bapak Yenac Wetipo (68) mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI dari 321 yang telah memberikan bantuan berupa 100 kg bibit kacang kedelai untuk masyarakat yang nantinya akan di berikan kepada 7 kelompok tani yang ada di Desa Yapema.

”Terima kasih Bapak TNI dari 321 yang telah peduli dengan kami, semoga usaha ini akan berjalan dengan lancar dan semoga Tuhan membalas kebaikan bapak sekalian,” pungkas Bapak Yenac Wetipo. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *