by

SUASANA HANGAT SATGAS PAMTAS YONIF R 142/KJ BERSAMA WARGA DESA ASUMANU DI KEBUN KACANG HIJAU

-Nasional-12 views

Beritamiliter.com- BELU. yonifraider142.net – Dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ mengambil peran untuk membantu warga Desa Asumanu Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur pada proses penanaman bibit kacang hijau.

Selain melaksanakann tugas pengamanan wilayah perbatasan sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 yang menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Santonkowil).

Tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ dilaksanakan melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi Pemerintah terkait yang ada di daerah penugasan.

Tugas Binter Satnonkowil Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dilakukan melalui berbagai macam upaya dalam rangka mendukung program Pemerintah dan membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai macam permasalahan sosial yang timbul di wilayah perbatasan, diantaranya bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, olahraga, perikanan, ekonomi dan bidang lainnya.

Salah satu bentuk pelaksanaan tugas Binter Satnonkowil dibidang pertanian yaitu dengan mengambil peran berupa pemberian bantuan kepada warga di sekitar pos jajaran Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ pada saat proses penanaman bibit kacang hijau di Desa Asumanu.

Pertanian dan perkebunan merupakan mata pencaharian utama masyarakat Desa Asumanu, sehingga personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang berada di Pos Asumanu berinisiatif untuk melakukan pendampingan kepada para petani yang dimulai dari proses penyiapan lahan, penyemaian, pembibitan, penanaman, perawatan hingga pada tahap proses pemanenan.

“Hal ini merupakan wujud kepedulian TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap kondisi sosial dan ekonomi yang dihadapi masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.sos.,M.M selaku Dansatgas

“Di wilayah perbatasan khususnya daerah Desa Asumanu, setelah melaksanakan musim tanam jagung, biasanya warga akan melanjutkan bercocok tanam dengan menanam kacang hijau di lahan milik mereka, dan hal ini tentunya juga harus didukung dengan curah hujan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ucap Letkol Inf Ikhsanudin, S.sos.,M.M.

“Kegiatan pendampingan kepada salah seorang warga Desa Asumanu dibidang pertanian dan perkebunan tersebut dipimpin langsung oleh Serda Josua selaku Wadanpos Asumanu bersama 4 orang personel Pos Asumanu lainnya,” tegas Letkol Inf Ikhsanudin, S.sos.,M.M.

“Masyarakat Desa Asumanu lebih memilih untuk menanam jagung dan kacang hijau sebagai tanaman pokok di lahan-lahan perkebunan milik mereka bila telah memasuki musim penghujan, hal ini karena menurut warga setempat jagung dan kacang hijau merupakan tanaman dengan proses perawatan yang tergolong tidak rumit serta tidak membutuhkan air yang banyak,” tutur Letkol Inf Ikhsanudin, S.sos.,M.M.

“Dengan hadirnya personel Pos Asumanu di tengah-tengah masyarakat perbatasan, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi warga Desa Asumanu untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal dan memuaskan,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (14/2/2020).

Sementara itu, Mama Rina (46) selaku pemilih lahan pertanian menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ atas pendampingan kepada mereka pada proses penanaman bibit kacang hijau.

“Kami sangat berterima kasih sekali atas partisipasi bapak-bapak TNI , semoga dengan kehadiran mereka di tengah-tengah kami dapat memberikan kemajuan dan perkembangan bagi masyarakat perbatasan, khususnya bidang pertanian,” ucap Mama Rina.

Di tempat yang sama, Pratu Sianipar merasa sangat senang karena telah dilibatkan dalam memberikan bantuan kepada Mama Rina dibidang pertanian.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini hendaknya dapat menjadi motivasi bagi para petani di Desa Asumanu agar lebih giat lagi untuk mencapai hasil pertanian yang maksimal dan memuaskan,” ucap Pratu Sianipar.

Terpisah, Sertu Teguh Riadi selaku Danpos Asumanu menyampaikan tanggapan terhadap pemberian bantuan pada proses penanaman bibit kayang hijau milik warga Desa Asumanu.

“Meski penanaman ini masih dilakukan secara manual, namun kami akan tetap berusaha membantu dan memberikan motivasi kepada warga perbatasan sehingga dapat mencapai hasil panen yang memuaskan,” tandas Sertu Teguh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed