by

LATIHAN SETINGKAT L3 UNSUR GUSKAMLA KOARMADA I

-Nasional-8 views

Beritamiliter.com- Seluruh Unsur di Bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I berkumpul di Dermaga Umum Batu Ampar Batam dalam rangka melaksanakan serangkaian Latihan Setingkat L-3 di Jajaran Guskamla Koarmada I, Senin (13/1/2020).

Seluruh unsur yang tergabung dalam operasi Guskamla Koarmada I diantaranya KRI Silas Papare-386, KRI Lemadang-632, KRI Surik-645, P-8203 dan Puskodal Guskamla Koarmada I melaksanakan Latihan Setingkat L-3 Terpadu di Perairan Selat Singapura dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme pengawak Alutsista dan menjaga tetap terpeliharanya naluri tempur prajurit KRI dan Pesud dibawah kendali operasi Guskamla Koarmada I sebelum melaksanakan operasi.

Unsur-unsur tersebut tergabung dalam Operasi Benteng Samudera-20 bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan Keamanan Laut di wilayah perairan nusantara khususnya di wilayah Koarmada I, serta menegakkan kedaulatan dan hukum di laut dengan melakukan kegiatan patroli laut dan manuver secara terus-menerus.

Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono, S.E., yang telah diberikan kewenangan oleh Danguskamla Koarmada I untuk memastikan latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., melalui Kepala Staf Guskamla Koarmada I menyampaikan bahwa dengan adanya operasi Kamla ini diharapkan mampu mencegah dan menindak segala bentuk pelanggaran hukum maupun kegiatan illegal di dan lewat laut.

“Untuk dapat melaksanakan tugas dengan optimal diperlukan profesionalisme prajurit KRI dibawah kendali operasi Guskamla Koarmada I maupun unsur lainnya yaitu Pesud dan Puskodal Guskamla Koarmada I dalam mengendalikan operasi,” ujarnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed